TEMPO.CO, Jakarta – Fitur siaran langsung (live) di Instagram telah menjadi salah satu fitur yang sangat diminati oleh banyak pengguna. Selain diakui oleh para konten kreator dan pemengaruh (influencer), siaran langsung ini juga sering digunakan oleh orang-orang untuk berbagi momen sehari-hari secara real-time kepada pengikut mereka di platform sosial.
Live di Instagram dianggap sebagai platform yang interaktif dan bukan hanya sekadar alat untuk berkomunikasi dengan audiens, tetapi juga sebagai media promosi produk atau layanan yang berpotensi mendatangkan pendapatan. Namun, apa yang terjadi jika fitur live Instagram tidak berfungsi? Mari kita telaah beberapa solusi yang dapat dicoba.
Panduan Mengatasi Masalah Instagram Tidak Bisa Live
Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengatasi masalah ketika Instagram tidak dapat live:
1. Restart Ponsel Anda
Langkah pertama yang sederhana namun seringkali sangat efektif adalah me-restart (restart) ponsel Anda. Ini adalah cara umum yang digunakan untuk mengatasi berbagai isu pada perangkat atau aplikasi.
Dengan melakukan restart, perangkat Anda akan berusaha memperbaiki kesalahan dengan membersihkan memori sementara (cache), sehingga ponsel Anda dapat berfungsi lebih baik.
2. Periksa Koneksi Internet Anda
Untuk memastikan apakah koneksi internet Anda stabil, Anda bisa mencoba melakukan streaming di aplikasi media sosial lainnya, seperti TikTok.
Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui apakah masalah siaran langsung di Instagram disebabkan oleh koneksi internet yang tidak memadai.
3. Pastikan Akses Kamera dan Mikrofon Diizinkan
Setiap layanan streaming, termasuk live di Instagram, memerlukan akses ke kamera dan mikrofon untuk merekam aktivitas pengguna saat siaran.
Untuk memeriksa izin ini, buka pengaturan di ponsel Anda, cari menu Aplikasi, kemudian temukan Instagram. Pilih opsi Izin dan aktifkan akses ke kamera dan mikrofon.
4. Logout dan Login Kembali
Metode lain untuk mengatasi masalah Instagram tidak bisa live adalah dengan keluar (logout) dan kemudian masuk (login) kembali ke akun Anda.
Pastikan Anda mengingat username (username), alamat email (email), nomor ponsel, dan kata sandi sebelum melakukan logout dari akun Instagram Anda.
5. Hapus Cache Instagram
Penumpukan cache pada aplikasi dapat membuat Instagram berjalan lebih lambat dan beberapa fitur, termasuk siaran langsung, mungkin tidak berfungsi dengan baik.
Oleh karena itu, sangat penting untuk menghapus cache Instagram melalui pengaturan ponsel Anda agar aplikasi dapat berfungsi dengan optimal.
6. Perbarui Aplikasi Instagram
Melakukan pembaruan (update) pada semua aplikasi yang terpasang merupakan langkah penting untuk memperbaiki bug dan mendapatkan fitur-fitur terbaru, termasuk untuk Instagram.
Untuk melakukan pembaruan, Anda hanya perlu mengunjungi Google Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS.
7. Hapus dan Instal Ulang Aplikasi Instagram
Jika setelah diperbarui aplikasi masih mengalami masalah, langkah selanjutnya adalah menghapus dan menginstal ulang Instagram.
Dengan cara ini, ponsel Anda dapat menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi pada aplikasi yang baru diinstal. Pastikan Anda mengingat username dan kata sandi yang digunakan.
8. Hubungi Pusat Bantuan Instagram
Jika semua cara di atas tidak berhasil, langkah terakhir yang dapat Anda lakukan adalah menghubungi dukungan dari pengembang (developer) aplikasi.
Untuk melaporkan masalah yang Anda alami, tekan ikon foto profil Instagram, klik ikon tiga garis horizontal (burger line), lalu pilih Bantuan. Setelah itu, ketuk Laporkan Masalah dan jelaskan permasalahan yang Anda hadapi.
“`
Referensi: anomsuryaputra.id.